Kamis, 18 Desember 2008

MY AMAZING FACT

Kamuflase
Assalamualaikum Friends...
Mungkin ada diantara Friends yang pernah berjalan melewati tumpukan daun kering. Dan tiba-tiba ada seekor kodok yang melompat guna menghindari pijakan kaki Firends. Buat yang latah, mungkin kaget dan mengucap "eh kodok,eh kodok". Ternyata ada kodok yang sedang bersembunyi karena takut dengan kedatangan kita(padahal kita bukan sejenis pemangsa kodok lho....)
Atau mungkin sedang asyik-asyiknya bersandar di dahan pohon. Menikmati semilir daun yang mengipasinya dari ranting-ranting sambil mengagumi indahnya alam. Suddenly,plukkk!. Ada tamu tak diundang minta dipangku kita. Sontak Friends menjerit jijik "aiihhh,ulet jeleeekkk". He he he. Ulet ciptaan Allah dimaki-maki karena enggak izin mendarat di badan kita.
Kita tidak mengira kalau diantara tumpukan daun kering itu ternyata ada seekor kodok. Atau dipermukaan kayu yang kulitnya sudah menua, ternyata bersembunyi seekor ulat yang warnanya sama dengan pohon tersebut.
Friends...Pernahkah terlintas dalam benak Anda, bagaimana seekor kodok dan ulat dapat mempunyai pola dan warna seperti itu?Kita menyebutnya dengan istilah kamuflase.Kamuflase adalah mekanisme pertahanan yang sangat penting bagi binatang. Kodok dan ulat yang tersamar dalam lingkungannya dengan mudah terhindar dari musuh-musuhnya. Begitu juga dengan seekor ular yang berdiri diam bagaikan ranting pohon. Dan masih banyak lagi hewan yang dikaruniai Allah untuk melakukan kamuflase.
Tak ada satu pun makhluk hidup yang dapat melakukan perilaku cerdas seperti itu sendiri atau secara kebetulan. Pastilah, Dia yang menganugerahkan kemampuan menyamarkan diri kepada makhluk hidup, dan menempatkan proses-proses kimia di dalam tubuh mereka agar dapat berubah warna, adalah Allah, Yang Mahatahu, Yang Mahabijaksana.
***"Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memujiNya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun." (QS. Al-Israa', 17: 44)***
Wassalam...






Seekor katak kecil berbentuk daun membaur dalam substrata sebuah hutan di Malaysia. Katak ini paling tersamar jika dilihat dari atas - dari mana predator biasa melihatnya. Dalam gambar di sebelah kanan adalah katak jenis lain, yang tampak seperti bagian dari pohon. Sulit membedakan kedua makhluk hidup itu dari lingkungan mereka.

Dalam foto-foto dibawah ini, belalang terlihat menirukan daun. Tulang daun di tengah dan dua belahan simetris pada kedua sisi tulang, yang merupakan struktur umum daun, juga hadir sepenuhnya di tubuh belalang seperti yang terlihat dalam foto.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka atau Tidak Suka, Kasih Komentar yaaa...