Senin, 24 Agustus 2009

Tips Memasak Cepat untuk Menu Sahur

Assalamualaikum Friends...
Buat para ibu yang punya keterbatasan waktu untuk nyiapin makan sahur, berikut ada tips yang menarik dari:ragam-tips.blogspot.com
1. Siapkan bumbu-bumbu dan bahan sebelum tidur. Ini yang paling penting ibu-ibu.
2. Jika ingin menu ikan goreng, maka gorenglah setengah matang ikan itu agar ketika sahur tidak terlalu lama menggorengnya.
3. Jika ingin membuat telur balado, maka telur sudah di rebus dan dikupas, dan cabai sudah digiling.
4. Sebisa mungkin siapkan bahan-bahan yang bisa disiapkan. O ya, perhatikan juga kompor yang anda gunakan. Mungkin sebagian anda masih menggunakan kompor minyak tanah?pastikan bahwa sumbu kompornya tidak pendek. Dan yang pastinya gas / minyak tanah tercukupi ya. Jangan sampai mau masak sahur gas/minyak tanah habis.
5. Jika anda ingin menu sahur dengan sayur, pastikan membuatnya sebelum tidur, karena memasak sayur membutuhkan waktu lama.
6. Anda tetap ingin membuat sayur jenis lain? Pastikan anda mengikuti petunjuk no.1 diataJ
7. Memasak nasi sebelum tidur. Cek persediaan nasi untuk sahur anggota keluarga, jika dirasa kurang , segera masak sebelum tidur, agar tidak memakan waktu lama .
8. Siapkan abon, dendeng, kacang tanah, telur dan kecap dilemari persediaan anda untuk keadaan darurat. Jika memang tiba-tiba anda bangun sahur hampir imsak, anda bisa menggunakan bahan-bahan itu dengan menggorengnya sebentar &langsung menyantapnya.
9. Agar lebih praktis, beberapa menu berbuka puasa bisa dihangatkan kembali. Jika memang demikian, atur perkiraan, masak sesuai kebutuhan.
10. Konsep ringkas memasaknya adalah, menu berbuka bisa untuk sampai sahur , bukan menu sahur bisa sampai buka puasa ,kecuali untuk beberapa makanan tertentu.

3 komentar:

  1. iya..daku juga biasa melakukan yg no.9..jikalau masi ada daku bakal melakukan recycle makanan, gimana caranya biar ga terbuang...

    BalasHapus
  2. @UmmuAbdurrahman:
    hihihihi.sy kalau masak cuman semangku2.jd fresh trs.tp kalau lg males, buat yg banyak (trutama daging2an).ntar tinggal dipanasi lg dehhh.sammma dong dg dirimu ya,mpokk

    BalasHapus
  3. wah klo daku malas trus, mpok..hihii...sukanya skali mendayung, dua tiga pulo terlampau..:p ga hanya di bulan ramadhan, hari2 biasa juga gitu...klo dikau ke rumah, menu yg buat makan siang bakalan sama ama buat yg makan malem.
    maren ntu masi ada sisa nasi, daku recycle jadi bubur sukabumi...manthap khann?? hehehh...

    BalasHapus

Suka atau Tidak Suka, Kasih Komentar yaaa...