Selasa, 04 Agustus 2009

Tentang Posisi Tidur

Assalamualaikum Friends..

Hai hai haiiii...!
Apa kabar Friends? Semoga sehat selalu. Sukses selalu. Ceria selalu. Cerdas selalu. Dan yang pentiiing, pantengin blog @nginBumi selalu. Cieee, sok istimewa dehhh.
Semalam Alhamdulillah, suami saya bisa tidur juga. Walaupun cuman satu jam, tapi katanya serasa tidur seratus tahun. Ha ha ha. Maklum, sudah lama bangetz enggak merasakan nikmatnya tidur malam. Emang tidur malam itu enggak tergantikan nikmatnya, meski kita udah berjam-jam tidur di siang hari. Kayak diriku, enggak pernah tidur malam. Tapi paginya booo, ngebo alias tidur nggak bangun-bangun. Kalau enggak tongkrongin komputer, habis shubuh sekitar jam 4:30 langsung menggelepar bak ikan yang mau dipotong lehernya. He he he. Tidur miring kanan sesuai dengan sunnah Rasul. Ngemeng-ngemeng tentang tidur menghadap kanan nih -dari sebuah blog- menurut penelitian tidur miring ke kanan banyak sekali manfaatnya. Diantaranya nih:
1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri
Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi 2 bagian kanan dan kiri. Otak kanan mempersarafi tubuh bagian kiri, begitu deh sebaliknya. Umumnya orang Islam khan dominan menggunakan tangan kanan untuk memegang, makan, minum, bersalaman, memasak, dll (kecuali yang kidal). Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktiftas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak , asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah.
2. Mengurangi beban jantung.
Posisi tidur kesebelah kanan yang rata memungkinkan cairan tubuh ( darah )terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan ( bawah ). So,beban aliran darah yang keluar masuk jantung lebih rendah sehingga denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah jadi menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur.
3. Mengistirahatkan lambung.
Lambung kita seperti tabung berbentuk koma dengan ujung yang menuju usus menghadap kearah kanan bawah (bingung nggak?). Jika seorang tidur miring kekiri maka proses pengeluaran chime ( makanan yang telah dicerna oleh lambung dan bercampur asam lambung ) akan sedikit terganggu, hal ini akan memperlambat proses pengosongan lambung. Hambatan ini pada akhirnya akan meningkatkan akumulasi asam yang akan menyebabkan erosi dinding lambung.
4. Meningkatkan pengosongan kandung empedu, pankreas.
Adanya aliran chime yang lancar akan menyebabkan keluaran cairan empedu juga meningkat, hal ini akan mencegah pembentukan batu kandung empedu. Keluaran getah pancreas juga akan meningkat dengan posisi mirin ke kanan.
5. Meningkatkan waktu penyerapan zat gizi.
Saat tidur pergerakan usus meningkat. Dengan posisi sebelah kanan, maka perjalanan makanan yang telah tercerna dan siap diserap akan menjadi lebih lama, hal ini disebabkan posisi usus halus hingga usus besar ada dibawah. Waktu yang lama selama tidur memungkinkan penyerapan bisa optimal.
6. Merangsang buang air besar (BAB.
Dengan tidur miring ke sebelah kanan , proses pengisian usus besar sigmoid (maaf,sebelum anus) akan lebih cepat penuh. Jika sudah penuh akan merangsang gerak usus besar diikuti relaksasi dari otot anus sehingga mudah BAB.
7. Mengisitirahatkan kaki kiri.
Pada orang dengan pergerakan kanan, secara ergonomis guna menyeimbangkan posisi saat beraktifitas cenderung menggunakan kaki kiri sebagai pusat pembebanan. Sehingga kaki kiri biasanya cenderung lebih merasa pegal dari kanan, apalagi kaki posisi paling bawah dimana aliran darah balik cenderung lebih lambat. Jika tidur miring kanan , maka pengosongan vena kaki kiri akan lebih cepat sehingga rasa pegal lebih cepat hilang.
Kira-kira begitulah manfaat dari tidur mennghadap ke kanan. Tapi bukan berarti kita tidak boleh bergerak sama sekali dong ya... Usahakan di awal kita tidur, berbaringlah ke sebelah kiri. Selanjutnya, terserah Friends. Apalagi yang tidurnya lasak alias suka "berwisata". Tadinya diujung barat, tiba-tiba sudah diujung timur. Pakai jurus karate pula, menimbulkan korban jiwa manusia yang ada di sampingnya. He he he.
NB:dianjurkan untuk tidur di dalam peti buat orang yang sangat dahsyat penyakit lasaknya! Ha ha ha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka atau Tidak Suka, Kasih Komentar yaaa...