Sabtu, 22 Agustus 2009

MET BERBUKA PUASA,FRIENDS.....

Assalamualaikum Friends... Gimana perasaan hari ini setelah menahan lapar dan dahaga, dari terbit fajar sampeeee tenggelamnya matahari? Tentu lapar dan haus dong. Kalau yang enggak lapar dan enggak haus, mungkin itu puasanya orang yang tidur melulu. He he he. Yang kerja, tetap kerja. Ibu-ibu, tetap mengasuh anak dan beres-beres rumah khan? Meski lapar dan haus, tapi Insya Allah ada kegembiraan tersendiri buat orang yang berpuasa...
---Semua amal manusia untuknya, kebaikan dilipatgandakan menjadi sepuluh hingga 700 kali. Allah berfirman, “Kecuali puasa. Ia untuk-Ku dan Aku akan membalasnya. Sebab ia meninggalkan syahwatnya, makanan dan minumnya karena Aku.” Orang yang berpuasa mendapatkan dua kegembiraan: kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan saat berjumpa Rabbnya. Sesungguhnya bau mulut orang yang puasa lebih harum di sisi Allah dibandingkan bau kesturi” (HR. Bukhari Muslim)
---
Dalam 12 bulan itu, ada satu bulan bagi kita untuk mensucikan jiwa. Ibarat sebuah baju yang sudah berkali-kali kita pakai buat kemana aja dan kapan aja. Impossible kalau masih bersih khan? Tentu warnanya sudah enggak karuan. Baunya juga bermacam-macam. Bulan puasa, ibarat laundry yang membersihkan hati/jiwa kita. Alhamdulillah, bersihhhh. So Clean dan So Clear! Haruuum lagi. Jika lulus ibadah puasanya (dikerjakan dengan ikhlas, ilmu dan amalan yang benar) maka kita naik kelas menjadi orang yang lebih bertaqwa. Orang yang bertaqwa tidak akan jauh dari Rabb-nya. Allah akan tempatkan kita semua kedalam syurga khusus disediakan untuk orang yang berpuasa. Masya Allah, so sweet jika kelak berjumpa dengan Allah.
---"Sesungguhnya pada syurga itu ada satu pintu yang di sebut ar-Rayyan. Pada Hari Kiamat nanti, yang akan masuk melaluinya ialah orang-orang yang benar-benar berpuasa. Tidak ada golongan lain yang akan masuk melaluinya(pintu tersebut) melainkan mereka (Nanti) akan di katakan: Di manakah mereka yang benar-benar berpuasa (di dunia dahulu)? Maka mereka pun bangun. (Sekali lagi) Tidak ada golongan lain yang akan masuk melaluinya(pintu tersebut) melainkan mereka. Maka, apabila mereka telah memasukinya (pintu ar-Rayyan tersebut), ia akan di tutup, maka seorang pun tidak akan memasukinya (selepas itu)" |Riwayat Bukhari dan Muslim|---

Meski bau mulut orang puasa itu lebih harum dari minyak yang paling harum sekalipun, tapi itu dihadapan Allah lho... Dihadapan manusia teteeeep harus jaga kesehatan mulut dengan menggosok gigi atau bersiwak. Dan sedikit tips dari @ngin:

1. Segerakan berbuka jika sudah tiba waktunya (pada kelaparan khan?). Mentang-mentang kuat menahan lapar, berbukanya entar-entaran. Bila perlu, berbukanya sekalian dirapel dengan makan sahur. Ughhh. Meski dengan segelas teh, semangkuk kolak atau es buah atau kurma (kalau ada). Yang penting jika Allah memerintahkan untuk berbuka, maka berbukalah.

2. Jangan lupa, berdoa dulu sebelum makan (harusnya ini ditaruh diurutan yang pertama ya). Jangan kayak Upin dan Ipin yang berdoa: Bismillaahirrohmaanirrohiim...Amiin. Itu doanya orang yang kelaparan, tak sabar untuk balas dendam. Ha ha ha.

(doa ini saya ambil dari sebuah blog)
Telah hilang dahagaku, telah basah urat-uratku, dan telah tetap pahala (disisi Allah) Insya Allah.” (HR Abu Dawud, An-Nasa’i).
3. Pssst...diwaktu puasa, "sinyal" dari Allah lebih sensitif lho. Maaaaf bukan berarti dilain waktu Allah tidak sensitif. Maksudnya, pada saat berpuasa adalah salah satu waktu dikabulkannya doa. Jadi, berdoalah sebanyak-banyaknya. Allah Mahakaya tidak akan pernah kehabisan stok, meski DIA mengabulkan seluruh doa dari 6 milyar manusia.
4. Memberi makan orang yang berpuasa (makanan untuk berbuka atau untuk sahur lho ya...).
---Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa memberi makan seorang yang berpuasa, ia mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya.” (HR Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah).---
Enggak usah membelah diri kayak sel biar mendapatkan pahala berganda. Cukup memberi makan kepada orang yang diyakini berpuasa dengan benar (pilihlah orang-orang yang sholih, biar kita yakin dengan kwalitas puasanya)
5. Sedekah kepada siapa saja.
6. Jangan lupa, perbanyak berinteraksi dengan Allah yaitu lewat memperbanyak bacaan Alquran dan zikir yang dianjurkan Nabi.
Ada yang mau nambahin silahkan anak-anaaak (kayak bu guru yang ngetes muridnya aja). Maaf Friends...bukan maksud saya untuk menggurui lho... Wong ibu guru ahli kok digurui. Saya hanya sekedar share tips aja. Mungkin Friends ada yang mau berbagi tips seputar Ramadhan...terbuka banget deh diriku...
Wassalamualaikum

8 komentar:

  1. SALAM SOBAT
    marhaban ya ramahan,,selamat berpuasa.
    salam kenal juga dari NURA di ALJUBAIL.S.A.
    SOBAT DISINI DI QATAR pasti ramai ya, kalau saat berbuka puasa..?

    BalasHapus
  2. @NURA:
    Salam kenal juga, Friend. Di Qatar lumayan ramai nih. Tapi lebih ramai komunitas India dibanding orang Indonesia. Kalau buka puasa biasanya sendiri2,kecuali pada moment2 tertentu saja mbak. Kalau lebaran, baru rameee. Semacam family gatheringlah. Ada kawan d Qatar apa enggak mbak? Ayolah liburan kesini!

    BalasHapus
  3. selamat puasa ya sob ^^ and lam kenal

    BalasHapus
  4. masak apa hari pertama berbuka puasa?

    BalasHapus
  5. @Juliawan:
    terima kasih.salam kenal juga buat anda dan keluarga (ortu,adik,kakak,tante,om,kakek dan nenek.sekampunglah)

    BalasHapus
  6. @UmmuAbdurrahman:
    Masak gulai ayam nih mbak.sama sambal ijo.tapi diblender,jd kehalusan nih.hehehe.dikau masak apa?dah baikan ya abdurrahmannya?

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah Abdurrahman dah sembuh total...terhitung sejak maren (minggu) bentol2 merah yg gatel itu dah ga muncul samasekali walo itu cuma sedikit....Alhamdulillah...
    Hari pertama puasa? daku masak gule otak kambing....hiiiyyy...suka ga? hehhehe...

    BalasHapus
  8. @UmmuAbdurrahman:
    Alhamdulillah dehhh.Lega dengernya.Soalnya biduran walau enggak sakit,tp mengganggu. gatel2 gitu lho!.
    Gulai otak kambing? (cekot-cekot kepala yang berisi otakku).
    Hiyyy...kebayang kepala kambing menghuni periuk, dengan mata terbuka seakan2 bertanya:kenapa otakku ikut disedot juga?khan untuk otopsi,kenapa aku dijagal.hhihh

    BalasHapus

Suka atau Tidak Suka, Kasih Komentar yaaa...