Sabtu, 20 Juni 2009

TRIKS FILM

Assalamualaikum Friends...
Buat Friends yang suka nonton movie behind the scene alias proses pembuatan sebuah film, mungkin sering bertanya-tanya tentang sebuah adegan dimana pemainnya bermain dibelakang atau diatas background berwarna hijau. Kadang-kadang background (screen) tersebut berwarna biru (blue screen).
Di statsiun TV, memproduksi tanyangan berdurasi dua jam sama repotnya dengan memproduksi tanyangan setengah jam. Kerepotan itu meliputi saat bongkar pasang set background, setting kamera dan pencahayaan, dan make-up artist. Mungkin sering juga melihat pembawa acara/presenter melakukan take di belakang green screen atau blue screen. Lalu setelah proses shooting selesai, maka editor akan menghilangkan warna background dan diganti dengan latar belakang sesuai keinginan. Yang tadinya green screen atau blue screen disulap menjadi istana Tajmahal (padahal mereka sedang tidak berada di India). Atau bisa juga pemandangan hijau yang indah khas daerah Kashmir (padahal mereka di dalam ruangan).
Coba Friends buka youtube.com, dengan tag "MERANTAU"Production Blog 1 sampai 9. Disitu banyak adegan yang take-nya dibantu green screen. Setelah take di green screen, penyunting mengganti backgroundnya seolah-olah berada di sebuah desa/kawasan yang bangunannya terbuat dari bambu (model-model Om Bak lah....). Ada juga sebuah adegan yang pemain utamanya meloncat dari gedung satu ke gedung lainnya, yang tidak mungkin dilakukan oleh manusia biasa. Padahal, dia hanya melompat dari satu meja ke meja lainnya yang juga ditutupi oleh kain hijau.
Kenapa harus background yang berwarna hijau/biru? Sebenarnya semua warna bisa dijadikan background. Tapi perlu diketahui, warna background adalah warna yang justru akan di buang. Seandainya kita pakai warna hitam, maka bagian tubuh kita yang berwarna hitam akan ikut hilang pula. Warna biru digunakan karena tidak ada warna biru dalam tubuh manusia, kecuali beberapa ras yang memang memiliki mata berwarna biru. Karena itu mereka menggunakan warna hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka atau Tidak Suka, Kasih Komentar yaaa...