Senin, 08 Juni 2009

TRAVEL and JEWEL:BALI

Assalamualaikum Friends...
Bali adalah sebuah daerah wisata yang tak asing lagi bagi kita dan masyarakat dunia. Alhamdulillah, sekitar tahun 1997/1998 saya berkesempatan mengunjungi Bali dalam rangka membuat karya tulis semasa SMU (wahhh, ketahuan tua-nya nih). Memang cantik dan eksotik. Dengan penduduk yang ramah dan deretan artshop di sepanjang jalan.
Saya jadi teringat sebuah anekdot (maaf kalau ada yang tersinggung), yaitu:
"theman-theman, pada saath hari Jumath dan Sabthu thoko-thoko pada thuthup" (ngucapinnya dengan gaya bicara orang Bali). Mungkin masih banyak orang yang memiliki logat bicara asli Bali. Tapi beberapa teman kuliah saya (tiga orang) yang asli Bali gaya bicaranya enggak gitu-gitu amat deh. Cuma sedikit lantunan/logatnya yang mungkin susah hilang. Atau mungkin karena teman-teman saya sudah terbiasa berasimilasi dengan budaya luar sehingga bisa beradaptasi.
Daerah wisata ini memperoleh penghargaan sebagai tujuan wisata terbaik se-Asia dari CEI Asia 2009 Industry Award for Asia’s Best Resort Destination, setelah mengalahkan Thailand yang menempati perngkat kedua dan Gold Coast, Australia, di peringkat ketiga.
Bali, si Pulau Dewata ini terletak diantara pulau Jawa dan pulau Nusa Tenggara. Dengan luas wilayah 5.636,66 km2 atau 0,29% luas wilayah Republik Indonesia. Bali memiliki gunung berapi, yaitu Gunung Batur dan Gunung Agung serta gunung yang tidak berapi yaitu Gunung Merbuk, Gunung Patas, dan Gunung Seraya.
Ada beberapa daerah tujuan wisata yang bisa menjadi pilihan buat Friends untuk dikunjungi.
Pantai Kuta (Sunset Beach)
Pada senja hari, di pantai Kuta kita bisa menikmati matahari terbenam. Ini adalah salah satu saat romantisme yang ditunggu oleh visitor. Di sepanjang Legian (desa di kecamatan Kuta) menawarkan banyak souvenir sebagai buah tangan Friends untuk saudara dan kerabat (buat saya juga dhooong).
Pantai Sanur (Sunrise Beach)
Setelah menikmati matahari tenggelam, maka pagi harinya Friends bisa menikmati semburat matahari terbit dengan arah pandangan yang luas. Tak kalah romantis juga. Tapi lama-lama duduk disitu jadi panas dooong...!
Ubud
Obyek wisata yang sangat terkenal dengan daerah seninya. Kalau Friends ingin belajar menari, melukis, mematung kayu atau batu, atau sekedar menikmati alam yang asri dipinggir sungai Ayung. Ketika Friends melihat ke bawah sungai, mungkin akan melihat para wisatawan bermain arung jeram (serruuuu).
Kintamani
Di daerah pegunungan sekitar Kintamani, terdapat Gunung Batur dengan danau kawah yang dalam dan mata air panas yang bergolak (ngeri euuyy). Udara pegunungan yang sejuk disertai pemandangan ke seluruh arah, bisa melegakan pikiran kita (yang ini asyiikk euuyy).
Bedugul
Siapa yang pernah ke Telaga Sarangan di Magetan-Jawa Timur? Kira-kira tipologinya mirip-mirip seperti itu. Friends bisa menikmati betapa eksotiknya danau Bedugul (ouch ouch, menurut saya daerah wisata inilah yang paling berkesan di Bali). Bukan hanya memandang keindahan danau Bedugul, Friends juga bisa bertamasya dengan speed boat. Disekitar Bedugul juga terdapat sekitar 4 buah goa Jepang (goa buatan manusia yang digali pribumi pada saat pendudukan Jepang). Yang unik, di daerah tersebut dihuni oleh dua suku agama yang berbeda. Di sebelah kanan, terdapat beberapa rumah penduduk beserta pura-pura megah yang diramaikan orang-orang berpakaian putih khas Bali. Disebelah pemukiman warga beragama Hindu, terlihat pemukiman lagi. Namun pemukiman ini berbeda dengan sebelumnya, karena di pemukiman ini terdapat sebuah masjid terbesar di pulau Bali.
Tanah Lot
Pura Tanah Lot terletak di laut atau terpisah dari daratan. Di bawah dan di sebelah barat terdapat sumber air tawar yang merupakan air suci bagi Umat Hindu. Di bawah pura terdapat beberapa gua yang di dalamnya hidup beberapa ekor ular besar dan kecil berwarna hitam putih. Jika air laut pasang, maka pura ini akan kelihatan seperti sebuah perahu terapung di atas air.

Sebetulnya masih banyak daerah wisata di Bali yang bisa Friends kunjungi. Sayang sekali, saya tidak bisa menyertakan gambarnya nih. But, it's okey. Friends bisa search di internet ya.
See you in next Travelling....!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Suka atau Tidak Suka, Kasih Komentar yaaa...